Makanan Pedas Bikin Panjang Umur

Bagi Anda penggemar mengonsumsi makanan dengan banyak cabai atau lada hasil studi ini mungkin menyenangkan Anda. Peneliti asal Harvard School menemukan ada keterkaitan antara makanan pedas dengan umur panjang. Namun, tetap butuh studi lagi untuk memastikan hasil penelitian ini.

Peneliti melakukan survei terhadap sekitar 500.000 orang berusia 30-79 tahun di Tiongkok tentang kebiasan makan makanan pedas. Lalu, tujuh tahun kemudian, sektiar 20.000 orang yang terlibat dalam penelitian tersebut meninggal.

Setelah melakukan analisis, peneliti mendapati fakta orang yang makan makanna pedas dalam satu atau dua kali dalam seminggu risiko meninggal cepat berkurang sekitar 10 persen dibandingkan mereka yang hanya makan kurang dari sekali seminggu seperti dituliskan dalam Jurnal The British Medical Journal.

Lalu, jika makan makanan pedas sekitar tiga atau lebih dalam seminggu, risiko meninggal selama studi ini berlangsung kurang dari 14 persen dibadningkan yang hanya makan pedas kurang dari seminggu sekali.

Melihat data ini, bukan berarti Anda terus-terusan makan pedas ya. Para ilmuwan yang terlibat menyatakan penelitian ini masih observasional, sehingga terlalu dini jika mengklaim mengonsumsi makanan pedas bisa menurunkan kematian yang lebih rendah.

"Kami masih membutuhkan lebih banyak data dari populasi lain," terang profesor dari Harvard School of Public Health di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Lu Qi kepada Live Science ditulis Minggu (9/8/2015).

Peneliti pun belum bisa memastikan apa penyebab makanan pedas dan kematian lebih rendah. Namun dalam penelitian sebelumnya, makanan pedas terbukti menurunkan peradangan, meningkatkan pemecahana lemak, dan mengubah bakteri usus.

Menanggapi hasil penelitian ini, Nita Forouhi yang merupakah ahli epidemiologi nutrisi dari University of Cambridge di Inggris menyatakan ada ketidakjelasan apakah ini benar-benar hubungan langsung antara konsumsi makanan pedas atau komponen makanan lainnya.

"Dibutuhkan penelitian lagi untuk menentukan apakah makanan pedas memiliki potensi meningkatkan kesehatan secara langsung dan mengurangi angka kematian," terang Forouhi.

1 Response to "Makanan Pedas Bikin Panjang Umur"

  1. Slot machine jackpot slots for sale - KTNV
    The winning 파주 출장샵 jackpot on a slot machine may 김천 출장마사지 be 포천 출장마사지 worth $9.99 million and has been recorded in a $25M cash the casino, which is located in the heart 이천 출장샵 of Los 김제 출장안마 Angeles.

    BalasHapus